Cara Menambah RAM Android Menggunakan Linux Swap

Cara Menambah RAM Android Menggunakan Linux Swap - Meskipun anda memiliki kapasitas RAM yang tergolong sedikit, anda dapat mengaktifkan file swap dan partisi swap layaknya seperti pagefile yang digunakan di windows, walaupun efeknya tidak terasa secara signifikan karena swap hanyalah sebuah virtual memory namun dengan swap kemungkinan akan membantu aplikasi tertentu yang membutuhkan sedikit banyak ruang RAM untuk berjalan.

Mengaktifkan swap tidak terlalu sulit, anda hanya disuruh untuk mempartisi ulang SDCard anda. Metode ini akan berpotensi menurunkan umur SDCard anda karena siklus read nya akan bertambah lebih tinggi dari batas normal. Namun SDCard anda tidak serta merta akan mudah rusak begitu saja. Butuh waktu yang lama untuk mengalami itu semua.

Apa itu SWAP? Singkatnya SWAP adalah RAM virtual. Dengan swap sebagian kecil dari memory eksternal disisihkan dan digunakan sebagai RAM. Jadi swap berfungsi sebagai RAM kedua (secondary) yang membantu kinerja RAM pertama.

A. Persiapan
  • Pastikan anda memiliki sebuah memori micro SD Card setidaknya 2GB dan usahakan sudah ber-class 10 (untuk menjaga performa Android). Usahakan anda memilih jenis SD Card yang berkualitas (merk), hindari memakai jenis micro SD yang terkesan ecek-ecekan untuk menghindari kerusakan partisi.
  • Download MiniTool Partition Wizard Free di http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html
B. Fase Eksekusi
Jadi kita akan membuat tiga partisi dalam satu micro SD Card. Partisi pertama sebagai storage, partisi kedua sebagai second partition, dan yang terakhir untuk Linux Swap ini.
Cara membuatnya, kita buat dulu partisi Linux Swap nya (partisi ketiga) baru setelah itu kita buat partisi keduanya.
  • Masukkan memori micro SD Card anda kedalam PC dengan menggunakan card reader atau bisa juga MMC Adapter. *Rekomendasi : card reader
  • Install MiniTool Partition Wizard Free seperti biasa, kemudian jalankan
  • Pada layar MiniTool sebelah kanan terdapat barisan-barisan list drive memori yang terpasang didalam PC termasuk micro SD Card anda. Untuk membuat Linuxswap, caranya sebagai berikut :
Klik Move/Rezise untuk mengecilkan partisi pertama sekaligus membuat partisi baru. Atur sesuai kebutuhan anda nanti

Setelah partisi baru terbuat, klik Create untuk mengkonfigurasi partisi itu

Rubah pilihan Create As menjadi Primary dan File System menjadi Linux Swap

Klik partisi pertama, ulangi langkah-langkah sebelumnya


Hasilnya sebagai berikut :
3 Komentar untuk "Cara Menambah RAM Android Menggunakan Linux Swap"

Bisa ternyata ya :o

www.viapedo.com

sama bro, aku juga gagal. apanya yang kurang ya ?

 
Copyright © 2014 Oprekers Android - All Rights Reserved
Template By Catatan Info